Cara mudah membuat Artikel SEO Friendly untuk meningkatkan pengunjung blog

Cara mudah membuat Artikel SEO Friendly

Salah satu yang membuat pemilik blog bahagia, lompat-lompat kegirangan sambil gigit mouse adalah ramainya pengunjung yang mengunjungi blog setiap harinya. Selain tanda-tanda masa paceklik bakal berakhir, ramainya pengunjung blog juga salah satu indikator keberhasilan anda dalam membuat blog

Kebayangkan, jika blog anda memiliki pengunjung harian lebih dari 500an bahkan 1000an dan minimal 1% dari mereka menjadi pembeli anda. Jika keuntungan yang anda dapatkan 50ribuan per penjualan, kebayangkan keuntungan bersih yang anda dapatkan setiap hari.

Penting dibaca: 8 Cara meningkatkan penjualan toko online

Itulah mengapa pengunjung yang ramai itu ibarat bunga desa, cewek cantik yang memukau setiap orang yang melihatnya. Sangat diidamkan oleh banyak orang.

Jika blog anda ramai, selanjutnya anda bisa menawarkan apapun kepada mereka. Mulai dengan menawarkan jasa, produk, aksesories serta barang-barang antik. Selama masih menguntungkan bagi anda dan tidak melanggar hukum, tidak ada salahnya ditawarkan kepada mereka.

Sekarang kita kembali ke masalah dasarnya. Cara mendatangkan pengunjung blog agar ramai dan membeli itu gimana sih, emangnya bisa Cuma dengan pantengan blog siang malam. Atau jangan-jangan harus punya ilmu kanuragan tertentu nih.

Oke. Itulah yang ingin kita bahas pada kesempatan ini. Bagaimana mendatangkan pengunjung blog seramai mungkin agar anda bisa menjual produk dan jasa sebanyak mungkin.

Ada banyak cara dan teknik yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung blog, diantaranya adalah dengan membuat artikel SEO friendly.

Artikel SEO friendly merupakan artikel yang disukai oleh google karena beberapa faktor serta juga disenangi oleh pembaca karena membantu mereka dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi. Lalu bagaimana cara membuat artikel SEO friendly sehingga disenangi google dan pembaca sekaligus.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat artikel SEO friendly dengan mudah tanpa ribet:

1. Letakan keyword dibagian judul

Kita semua tahu, judul adalah representasi dari isi. Dengan melihat judul, kita sudah bisa membayangkan isi dari artikel tersebut.

Ternyata tidak hanya kita yang menjadikan judul sebagai acuan dalam memahami topik yang akan dibahas. Mesin pencari seperti google pun menggunakan judul sebagai sinyal topik yang akan dibahas

Inilah mengapa, meletakan keyword yang anda target pada judul artikel adalah bagian yang sangat penting dalam penulisan artikel SEO friendly.

Jadi, mulai hari ini ketika anda ingin membuat artikel, pastikan judulnya berisi keyword yang ingin anda target untuk mendapatkan halaman 1 google

2. Meletakan keyword di paragraf pertama

jasa penulis artikel

Sebenarnya tips yang kedua ini masih pro dan kontra. Ada yang mengatakan meletakan keyword di paragraf pertama adalah bagian dari cara meningkatkan SEO sebuah website. Sebagian yang lain berpendapat, menempat keyword pada paragraf pertama sama sekali tidak berdampak pada SEO

Terlepas dari pro dan kontranya, selama anda masih bisa menyisipkan keyword di paragraf pertama, menurut kami tidak ada salahnya anda sisipkan. Toh, masalah berdampak atau tidak, biar google yang urus.

3. Pastikan urlnya mengandung keyword

Setelah judul dan paragraf pertama. Bagian lain yang harus anda pastikan mengandung keyword adalah url website.

Bagi yang belum tahu url itu seperti apa, silahkan lihat contohnya berikut ini: http://www.seoblank.com/harga-jasa-seo

Pada url website diatas, harga Jasa SEO adalah keyword yang kami target untuk mendapatkan halaman 1 digoogle. Sehingga kami menyertakannya di url website.

Begitu juga dengan anda, jika anda ingin artikelnya SEO friendly, pastikan url postingannya mengadung keyword. Seperti yang kami contohkan diatas

4. Optimasi Gambar

Supaya artikel anda disenangi google dan pembaca, kami menyarankan agar artikel tersebut ditambahkan gambar yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Dengan menambahkan gambar, maka artikel anda akan semakin informatif dan tentu hal ini sangat disenangi oleh para pembaca.

Ketika menyisipkan gambar, pastikan gambar tersebut tidak terlalu besar dan terlalu kecil. Yang sedang-sedang saja kata bait sebuah lagu. Jangan lupa sisipkan keyword pada alt tag gambar tersebut

5. Jumlah kata dalam artikel

Tak dipungkiri, berdasarkan pengalaman kami. Artikel yang memiliki jumlah kata yang banyak jauh lebih mudah mendapatkan peringkat dibandingkan dengan artikel yang jumlah katanya sedikit

Artikel 1000 kata jauh lebih mudah mendapatkan peringkat dibandingkan dengan artikel 500 kata. Itulah mengapa banyak Konsultan SEO yang menyarankan agar melihat jumlah kata pada artikel kompetitor jika ingin mengalahkan mereka

Jika artikel kompetitor 1000 kata, maka pastikan artikel anda lebih dari 1000 kata. Kalau memungkinkan buatlah hingga 2000 kata.

Tapi ingat. Tidak sekedar panjang. Tidak sekedar banyak jumlah katanya. Artikel tersebut juga harus enak dibaca, sehingga pembaca mau membaca dari awal hingga akhir tanpa ada yang dilewatkan, inilah sebenarnya yang memberikan sinyal positif pada google, bahwa artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

6. Internal linking

Bagian ini cukup sering dilupakan oleh para pemilik blog. Tujuan anda membuat artikel adalah memberikan informasi selengkap-lengkapnya pada pembaca.

Jika ada istilah, topik atau pembahasan yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut, kami menyarankan agar anda membuatkan link ke artikel yang membahas topik tersebut lebih mendalam

Misalnya anda sedang membahas tentang “cara membuat artikel SEO friendly” , ternyata masih ada yang belum tahu apa itu SEO friendly, maka anda bisa memasang link ke halaman yang membahas tentang SEO friendly tersebut.

Note: Agar tidak over optimasi, pastikan internal linkingnya tidak terlalu banyak. Saran kami, cukup 2 – 5 link saja untuk artikel dengan jumlah kata minimal 500 kata

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba dan praktekan ketika ingin artikel yang ditulis lebih SEO friendly dan syukur-syukur bisa mendatangkan pengunjung yang lebih banyak.

Kami juga menyarankan agar anda melakukan riset keyword dengan benar, sebelum menulis sebuah artikel untuk blog. Lihat volume pencarian dan sekaligus kompetisi dari keyword tersebut. Jangan asal ambil keyword tanpa analisa yang benar.

Semakin bagus hasil riset keyword anda, maka semakin besar peluang anda untuk mendapatkan peringkat yang bagus di SERP google dan semakin besar peluang anda untuk mendapatkan penjualan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *