Digital Marketing untuk pebisnis [Update 2018]

digital marketing

Step by step Digital Marketing

Digital Marketing adalah pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama di Internet, dan dalam perkembangannya termasuk juga penggunaan telepon seluler, periklanan display, dan media digital lainnya.

Sejarah pengembangan pemasaran digital dimulai sejak 1990-an dan pada tahun 2000-an telah mengubah cara menggunakan teknologi untuk pemasaran.

Perkembangan teknologi membuat platform digital semakin banyak berperan ke dalam rencana pemasaran dan kehidupan sehari-hari, yang membuat orang makin mengandalkan perangkat digital daripada menghadirkan toko fisik.

Bahkan, kami sebagai konsultan SEO Indonesia. Sudah memanfaatkan digital marketing untuk mendapatkan pengguna jasa setiap bulannya. 99.9% pengguna jasa seo kami berasal dari Internet.

Kenapa Digital Marketing

Digital marketing sangat penting dan harus digunakan dengan benar agar menghasilkan target pemasaran produk yang bombastis.

Anda tentu masih ingat kasus Zappos bukan? Zappos, pemimpin dalam perdagangan sepatu online, menetapkan standar tinggi untuk layanan pelanggan online. Bahkan, CEO mereka menulis buku tentang itu.

Salah satu strateginya, Zappos memberikan jaminan uang kembali 365 hari. Selain itu mereka juga memiliki sistem pengiriman gratis jika konsumen memutuskan untuk mengembalikan atau menukar produk yang dibeli di situs mereka.

Akibatnya, kebijakan yang sangat menarik bagi konsumen ini membuat pembeli mem-viral-kannya. Brandingpun terbentuk dan Fred dan Tony sukses membangun merk Zappos menjadi the very best customer service berkat kampanye digital marketing yang cerdas.

Digital marketing bisa dilakukan secara online dan offline. Perbedaan terletak pada penggunaan teknologi internet didalamnya.

Digital marketing online meliputi beberapa teknik dan metode. Beberapa yang banyak digunakan adalah Optimisasi kata pencarian kata kunci dalam mesin pencari (SEO-search engine optimization), Search engine marketing-SEM (teknik pemasaran dengan mengoptimalkan peran mesin pencari), Content marketing dengan mengandalkan promosi dalam bentuk artikel, Social Media Marketing (SMM), Pay-per-click advertising (PPC), Affiliate marketing dan Email marketing.

Digital marketing offline juga meliputi beberapa teknik dan metode.

Beberapa yang banyak digunakan adalah pemasaran langsung ke konsumen, penggunaan billboard elektronik, demo produk digital, memberikan sampel produk digital, pemasaran radio, iklan radio, bekerjasama dalam bentuk sponsor, pemasaran melalui TV, iklan TV, Tele-shopping (pemasaran melalu telepon), pemasaran dengan pesan teks (biasanya dalam bentuk pemberian hadiah, kupon, program loyalitas) dan sebagainya.

Panduan Digital Marketing Online yang Populer Saat Ini

Beberapa strategi berikut ini paling populer digunakan sebagai media pemasaran digital secara online:

Search engine optimization (SEO)

SEO adalah adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat,  volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

Salah satu cara optimisasi mesin pencari (SEO) adalah dengan cara mengoptimalkan konten artikel online Anda sehingga mesin pencari familiar dan suka terhadap konten anda sehingga sebagai hasilnya konten dan web Anda menempati ranking teratas untuk pencarian kata kunci tertentu.

Misalnya, anda ketikan di Google keyword “Belajar SEO”. Maka akan muncul sejumlah website yang terkait dengan keyword ini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang SEO (search engine optimization) ini, silahkan kunjungi : Kaffah Academy

Search engine marketing (SEM)

Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran Internet yang melibatkan promosi situs web untuk meningkatkan visibilitas (view/kunjungan pengunjung situs) mereka di halaman hasil mesin pencari (SERPs) terutama melalui iklan berbayar.

SEM dapat menggabungkan optimisasi mesin pencari (SEO), dalam bentuk menulis ulang konten situs web sesuai dengan arsitektur situs untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

Konsekuanesinya adalah makin tingginya biaya iklan pay per klik (PPC). Sehingga ini perlu menjadi pertimbangan bagi anda.

Email marketing

Email marketing adalah memanfaatkan email list untuk pemasaran. Email marketing adalah cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda untuk mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radicati Group, lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan surat elektronik semacam email.

Kunci dari SEO, SEM dan email marketing diatas adalah bisa membuat konten markting yang memikat dan menggiring opini orang untuk membeli produk kita.

Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing (SMM) adalah bentuk pemasaran Internet yang memanfaatkan situs web jejaring sosial sebagai alat pemasaran. Tujuan SMM adalah memproduksi konten yang akan dibagikan pengguna dengan jejaring sosial mereka untuk membantu perusahaan meningkatkan pengenalan merek dan memperluas jangkauan pelanggan.

Salah satu komponen kunci SMM adalah pengoptimalan media sosial-social media optimization (SMO). Seperti halnya optimasi mesin pencari (SEO), SMO adalah strategi untuk menarik pengunjung baru dan unik ke situs web. SMO dapat dilakukan dengan dua cara: menambahkan tautan media sosial ke konten, seperti umpan RSS dan tombol berbagi atau mempromosikan aktivitas melalui media sosial dengan memperbarui status atau tweet, atau posting blog.

SMM membantu perusahaan mendapatkan umpan balik langsung dari pelanggan (dan calon pelanggan) sambil membuat perusahaan seolah tampak lebih ramah karena langsung merespon umpan balik pelanggan.

Bagian interaktif media sosial (yang bisa didesain secara otomatis) bisa memberi pelanggan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau menyuarakan keluhan dan merasa mereka didengar.

Aspek SMM ini disebut manajemen hubungan pelanggan sosial (social CRM-customer relationship management).

SMM menjadi lebih umum dengan meningkatnya popularitas situs web seperti Twitter, Facebook, Myspace, LinkedIn, dan YouTube.

Untuk yang ingin tahu lebih banyak tentang SMM, terutama Instagram, silahkan berkunjung ke The Socmed. Disana anda akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang Instagram.

Panduan Digital Marketing Offline

Beberapa strategi berikut ini paling populer digunakan sebagai media pemasaran digital secara offline:

Penggunaan Billboard elektronik

Billboard elektronik saat ini banyak digunakan oebisnis di tempat strategis untuk memasarkan produk mereka. Tempat strategis yang banyak dilewati bus, taksi, pusat keramaian biasanya penuh dengan papan reklame elektronik. Harga sewanya cukup fantastis, bisa puluhan hingga ratusan juta. Namun hasilnya juga terasa. Produk Anda akan langsug terkenal dan banyak diingat orang sampai bertahun-tahun lamanya.

Pemasaran melalui radio

Walau usia radio sudah lebih dari 100 tahun telah berlalu, namun kehadiran radio masih ada dan diperlukan dalam pemasaran digital karena radio cukup berhasil dalam bertransisi ke internet, walaupun radio tidak begitu populer seperti TV. Namun beberapa fakta yang terjadi di US berikut ini bisa meyakinkan Anda bahwa digital marketing tetap membutuhkan pemasaran melalui radio:

  • Radio masih bisa menjangkau 85% dari populasi warga di dalam jangkauan siaran radio setiap minggunya
  • Rata-rata pendengar mendengarkan radio 2 jam per hari
  • 40% dari semua biaya iklan radio di seluruh dunia berasal dari AS
  • Sekitar setengah penduduk AS mendengarkan radio internet setidaknya sebulan sekali

Menciptakan iklan yang sesuai dengan segmen target merupakan kunci sukses pemasaran melalui radio. Saat ini iklan radio kreatif sudah bisa berintegrasi dengan radio internet dalam bentuk iklan podcast.

Pemasaran melalui TV

Sejak Google Video berubah menjadi Youtube, efisiensi iklan TV telah turun dengan cepat. Namun pemasaran televisi kemungkinan besar tidak akan pernah hilang. Iklan TV sekali ttayang langsung bisa dilihat jutaan orang apalagi saat ini rata-rata orang masih menonton 4 jam TV setiap hari.

Karena biayanya sangat mahal, iklan TV harus spesifik. Menggunakan jasa konsultan iklan adalah cara paling efisien dan efektif jika ingin menggunakan iklan TV sebagai media pemasaran.

Setelah melihat ulasan diatas, sudahkah Anda menggunakan taktik ini dalam bisnis Anda?

Strategi yang mana yang menurut Anda paling cocok dengan bisnis Anda. Saya harap panduan ini memperluas pandangan Anda dan menunjukkan kepada Anda bahwa pemasaran digital lebih dari sekedar iklan Facebook dan media sosial yang banyak diketahui orang selama ini.