Iklan Google Adword Vs SEO

slider seorepublik 02

Google Adword Vs SEO, mana yang paling tepat

Banyak cara yang bisa anda tempuh untuk mempromosikan website secara online. Dua diantaranya adalah Google Adword dan SEO. Keduanya, baik Iklan Google Adword dan SEO merupakan bagian dari Search Engine Marketing (SEM).

Jika kita telisik lebih dalam lagi, masing cara mempromosikan website ini, baik Google Adword maupun SEO memiliki persamaan dan perbedaan dan memiliki kelebihan serta kekurangan satu sama lainnya, tergantung pada tujuan dari pemasaran anda.

Apa itu Google Adword

Jika anda salah satu dari ratusan orang yang tergolong baru dalam hal ini, mungkin anda pernah orang orang berbicara tentang Pay Per Click (PPC). Google Adword merupakan bagian dari PPC tersebut. Jika anda belum tahu apa itu Google Adword, silahkan lanjutkan membaca tulisan ini.

Google Adword merupakan sebuah platform iklan yang dimiliki oleh Google. Pemasang iklan bisa menggunakan platform ini agar website mereka muncul pada SERP Google, Youtube serta ribuan website lainnya yang berpartisipasi dalam program Google lainnya yakni Google Adsense.

Biasanya pemasang iklan bisa memilih antara 2 jenis pembayaran atas tindakan terhadap iklan mereka. Jenis pertama, pengiklan akan membayar iklan apabila seseorang meng-klik iklan mereka. Cara kedua, pemasang iklan akan membayar apabila iklannya tampil sebanyak 1000 kali. Perlu juga anda ketahui bahwa agar website anda ditampilkan pada tempat tempat yang sudah disebutkan diatas, iklan anda bersaing dengan iklan yang lain. Iklan yang paling baiklah yang akan ditampilkan oleh google terlebih dahulu.

Apa itu SEO

Sebenarnya pada bagian yang lain kami sudah membahas tentang apa itu SEO. Namun, agar pembahasan kita pada kesempatan ini lebih lengkap, kami akan coba mengangkatnya kembali sehingga kita semua bisa lebih paham tentang cara mempromosikan website yang satu ini.

SEO (Baca: Search Engine Optimization) merupakan cara yang anda lakukan agar website anda tampil pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya. Agar anda mendapatkan itu semua, maka anda harus mengoptimasi website anda agar sesuai dengan yang diinginkan mesin pencari tersebut.

Sebuah website dikatakan sesuai dengan yang diinginkan mesin pencari (baca: ramah) apabila mesin pencari bisa membaca halaman website anda dengan mudah. Jika mesin pencari sulit untuk membaca halaman website anda apalagi tidak bisa sama sekali, maka hal ini adalah berita buruk bagi website bisnis anda.

Baca juga: Cara meningkatkan penjualan toko online secara Signifikan

Perbandingan antara Google Adword dan SEO

Nah, setelah anda mengetahui dan memahami tentang Google Adword dan SEO, maka sekarang kita masuk pada perbandingan antara keduanya. Mana yang lebih cocok dengan stategi marketing anda sehingga mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

  • Jika anda menggunakan Google Adword, berarti anda hanya menargetkan pengunjung dari Google saja, sementara mesin pencari lain dipastikan terabaikan. Namun jika anda memilih SEO, maka hal ini sangat sesuai untuk semua jenis mesin pencari, baik google, yahoo serta bing.
  • Anda akan dikenakan biaya jika pengunjung berasal dari Google Adword sementara dengan metode SEO adalah pengunjung gratis selama anda berada dihalaman pertama mesin pencari
  • Iklan Google Adword akan muncul pada bagian atas dan kanan hasil pencarian mesin pencari. Sementara dengan SEO akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil seperti itu, kecuali kompetisinya memang sangat lemah.
  • Menggunakan Iklan Google Adword anda bisa mendapatkan pengunjung dengan segera setelah melakukan setup iklan, sementara itu dengan menggunakan metode SEO anda harus menunggu dalam jangka waktu yang cukup lama. Terutama bagi website website yang realtif baru.
  • Menggunakan Iklan Google Adword lebih mudah menghitung ROI, sementara menggunakan SEO relatif lebih sulit
  • Menggunakan Iklan Google Adword pengunjung yang anda dapatkan bersifat sementara selama budget iklan masih tersedia. Sementara itu pengunjung dari SEO relatif bertahan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Dengan Iklan Google Adword anda bisa menargetkan banyak kata kunci sekaligus, sedangkan dengan metode SEO anda harus focus pada beberapa kata kunci yang memang potensial menghasilkan penjualan
  • Dengan Iklan Google Adword anda bisa beriklan di website website yang barafiliasi dengan google Adsense, sementara dengan SEO anda hanya mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian mesin pencari.

Mana yang paling cocok untuk website anda

Jika website anda relative baru (dibawah 3 bulan) kami menyarankan kepada anda untuk menggunakan Google Adword untuk mendatangkan pengunjung ke website anda.

Atau jika anda ingin hasil yang lebih cepat, maka anda juga sangat cocok menggunakan Google Adword untuk mendapatkan trafik potensial. Google Adword ini sangat cocok bagi bisnis yang relative baru dan ingin mendapatkan pengunjung secepat mungkin.

Tetapi, ketika anda memilih menggunakan Iklan Google Adword untuk mendatangkan pengunjung potensial ke website, anda harus memperhitungkan dengan hati hati anggaran yang anda gunakan. Karena jika anda tidak melakukannya dengan benar, jangankan mendapatkan keuntungan dari usaha anda ini, justru yang akan terjadi adalah sebaliknya.

Oleh karenanya, jika anda tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang bagaimana memasang iklan google Adword yang efektif, maka sangat tepat bagi anda untuk membayar penyedia jasa iklan Google Adword. Ini adalah pilihan yang tepat bagi anda.

Bagaimana dengan SEO

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang cepat, kami menyarankan anda menggunakan Google Adword. Tetapi ini bukan berarti anda mengabaikan cara yang lain yakni, SEO. Jika anda ingin sukses dalam jangka panjang, maka SEO juga harus anda lakukan.

Dengan metode SEO berarti anda mengoptimasi website anda secara keseluruhan sehingga berdampak bagus untuk jangka panjang. Jika anda tidak tahu bagaimana melakukannya, anda bisa menyewa salah satu penyedia jasa seo yang saat ini banyak yang terdapat di Internet.

Jika anda ingin rekomendasi dari kami, anda bisa berkunjung ke halaman Jasa SEO berikut

Apakah anda harus menggunakan 2 cara ini sekaligus

Banyak orang yang berpendapat bahwa ketika mereka sudah mendapatkan pengunjung dari Google Adword, maka mereka tidak perlu lagi melakukan SEO. Sebenarnya hal ini adalah pendekatan yang salah. Sebaliknya, ketika anda sudah mendaptkan peringkat yang baik pun, kami tetap menyarankan anda menggunakan Google Adword pada momen momen tertentu.

Jadi, gunakan Iklan Google Adword jika website anda relative baru dan lakukan SEO sekaligus untuk mendapatkan hasil jangka panjang.

Kesimpulan

Pada dasarnya, antara SEO dan Google Adword tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buruk. Dua duanya adalah metode marketing online yang sangat bagus anda coba untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Anda bisa menggunakan Google Adword jika anda ingin mendapatkan pengunjung dalam waktu singkat dan menggunakan SEO untuk mendapatkan pengunjung dalam jangka panjang.

Itulah pembahasan singkat terkait dengan tema Iklan Google Adword Vs SEO. Seperti yang sudah kami ungkapkan diatas, platform mana yang lebih baik, sangat tergantung pada kebutuhan dan tujuan pemasaran online anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *