Peluang usaha Penulis Artikel

penulis artikel

Analisa Peluang Usaha Penulisan Konten

Saat ini, internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup masyarakat Indonesia. Mulai dari mencari informasi, mendapatkan hiburan, bersosialisasi sampai pada menghasilkan uang.

Jika kita analisa secara mendalam, sebenarnya di internet terdapat peluang yang sangat besar bagi siapapun untuk menghasilkan uang dari bisnis online. Mulai dari mereka yang memiliki skill langka (banyak dibutuhkan) sampai kepada mereka yang hanya memiliki skill yang pas-pasan (pasaran). Misalnya hanya bisa menulis dan mengetik. Ini adalah beberapa peluang usaha jasa yang biasa anda tekuni.

Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang peluang usaha rumahan yang bisa ditekuni oleh Ibu Rumah Tangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan memiliki pas-pasan, misalnya: hanya bisa mengetik saja. Peluang usaha rumahan yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah “jasa penulis artikel“.

Apakah ada permintaan untuk jasa penulis artikel ini?

Seperti yang sudah saya singgung pada paragraf sebelumnya, bahwa internet sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat kita. Saat ini hampir setiap bisnis memiliki website, bahkan masing-masing publik figur pun sudah memiliki website mereka sendiri.

Nah, tentunya website mereka membutuhkan konten sehingga website mereka tetap update dari waktu ke waktu. Lebih jauh lagi, saat ini hanya website yang memiliki konten yang akan mampu mendatangkan calon pelanggan ke website kita.

Mengapa mereka membutuhkan jasa penulisan konten?

Sebenarnya, mereka bisa saja menulis konten website mereka sendiri. Namun, terkadang karena keterbatasan waktu, kemampuan serta kurang berminat dalam bidang tulis menulis, maka akhirnya mereka memilih untuk menyewa atau membayar seseoarang untuk membuat konten website mereka.

Nah, peluang inilah yang bisa anda tangkap, tanpa harus mengorbankan tugas pokok anda. Baik bagi anda yang memiliki status sebagai pekerja kantoran maupun bagi anda yang berstatus Ibu Rumah Tangga. Anda bisa berpenghasilan dari bisnis sampingan yang satu ini tanpa harus keluar atau meninggalkan tugas utama anda.

Apa saja yang anda butuhkan untuk menjalankan usaha ini?

Jika anda berminat untuk menekuni peluang usaha rumahan jadi penulis artikel ini, tentu ada beberapa hal yang perlu anda siapkan (saya tidak mengatakan bisnis ini modal dengkul). Setidaknya anda perlu menyiapkan beberapa hal berikut:

1. Komputer/Laptop

Untuk bisa menulis tentunya anda membutuhkan komputer atau laptop. Oleh karenanya ini adalah senjata pertama yang perlu anda siapkan. Namun, jika anda belum memiliki komputer sendiri atau Laptop sendiri, anda jangan mundur dulu, anda bisa menggunakan komputer di rental komputer atau di warnet untuk mengetik.

Jadi pernah jadikan keterbatasan sebagai alasan untuk tidak maju dan berubah menjadi lebih baik.

2. Waktu

Saya menyarankan anda untuk meluangkan waktu anda, minimal 1 jam/hari untuk menulis artikel atau membaca artikel dengan topik yang berbeda-beda. Ini anda lakukan untuk menambah kosakata anda dalam menulis serta mengasah diri anda dalam menulis artikel.

Selain itu, coba kirimkan artikel yang sudah anda buat ke beberapa blog yang menerima penulis tamu. Kirim saja artikelnya secara gratis, selama mereka bersedia mencantumkan nama anda sebagai penulis, sekaligus nomor kontak anda.

3. Website (Media Promosi Online)

Ya. Saya menyarankan anda memiliki website sendiri. Saya tidak menyarankan anda menggunakan website gratisan, karena anda ingin berbisnis, bukan sekedar mengaktualisasikan diri anda. Buatlah sebuah website yang profesional, yang memberikan kesan bahwa anda adalah penulis profesional.

Jika anda belum tahu bagaimana cara membuat website, anda bisa menyewa salah satu penyedia jasa pembuatan website di daerah anda. Atau kalau anda mau, anda bisa menyewa kami untuk membuatkan website untuk anda.

4. Promosikan secara online

Selanjutnya, anda bisa promosikan jasa anda melalui forum-forum Internet Marketing. Bisa juga menggunakan Facebook, Twitter, Instagram ataupun dengan menjadi penulis tamu.

Cara yang paling ampuh untuk mendapatkan pelanggan pertama anda adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Sewa Jasa SEO jika anda tidak bisa melakukannya sendiri.

Itulah beberapa hal yang perlu anda siapkan ketika anda ingin membuka jasa penulisan artikel. Anda harus menyediakan komputer atau laptop, menyediakan waktu untuk belajar dan mengasah keterampilan menulis anda, serta anda butuh website sebagai sarana promosi jasa penulisan anda.

Lalu, bagaimana dengan potensi keuntungan yang bisa anda dapatkan dari jasa penulisan artikel ini?

Saya secara pribadi melihat, keuntungan dari jasa penulisan artikel ini cukup menjanjikan. Tentunya jika anda memang serius menjalankannya. Berikut ini adalah simulasi usaha jasa penulisan artikel:

A. Artikel bahasa Indonesia

100 kata: Rp 3000,-
200 kata: Rp 6000,-
300 kata: Rp 9000,-
400 kata: Rp 12.000,-
500 kata: Rp 15.000,-
1000 kata: Rp 20.000,-

B. Artikel Bahasa Inggris

100 kata: Rp 5000,-
200 kata: Rp 6000,-
300 kata: Rp 8000,-
400 kata: Rp 12.000,-
500 kata: Rp 15.000,-
1000 kata: Rp 25.000,-

Note: Daftar harga diatas hanya perkiraan saja

Untuk artikel selain Bahasa Inggris dan Indonesia, tarifnya bisa anda sesuaikan berdasarkan tingkat kesulitan masing-masing bahasa.

Sekilas memang tarif diatas terlihat sangat kecil. Namun, untuk anda ketahui jarang sekali pengguna jasa penulisan artikel ini memesan artikel 1 atau 2 artikel saja. Jika kualitas artikel anda bagus (baik dari sisi bahasa, redaksi serta faktor SEOnya), maka mungkin saja mereka akan menjadi pelanggan tetap anda.

Jika anda berhasil menulis artikel 2 sampai 5 artikel dalam 1 hari untuk 500 kata bahasa indonesia, maka anda sudah berpenghasilan sebesar Rp. 30.000,- sampai Rp. 75.000,-/hari atau sampai Rp. 2.250.000,-/bulan. Tentunya ini adalah hasil yang lumayan untuk anda jadikan sebagai usaha sampingan. Bahkan jauh lebih besar dari UMR di provinsi saya berada.

Jika pelanggan anda sudah banyak dan konsisten memesan artikel kepada anda, maka anda bisa mencari tenaga freelance untuk mengerjakan orderan anda. Atau jika proyek penulisan anda adalah bahasa inggris, sementara anda tidak memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, maka anda tinggal mencari mereka yang memiliki bahasa inggris yang baik untuk menulis.

Lihat : Lowongan Penulis Artikel Bahasa Indonesia

Anda bisa mencari penulis-penulis freelance ke kampus-kampus dikota anda. Untuk meningkatkan penghasilan anda juga bisa menerapkan strategi harga, misalnya dengan sistem paket. Jika mereka pesan 10 artikel, maka mereka mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan memesan 1 atau 2 artikel saja.

Siapa saja yang bisa menjalankan usaha jasa penulisan konten ini?

Berikut ini adalah beberapa yang bisa menjalankan usaha ini:

  • Ibu Rumah Tangga
  • Mahasiswa
  • Pelajar
  • Pegawai (Negeri dan Swasta)
  • Guru
  • Marketing
  • Penjaga Warnet
  • Dosen
  • Dan lain sebagainya

Apa saja tahap untuk bisa membuka jasa penulisan konten ini?

Sebelum anda membuka jasa penulisan konten ini, maka anda membutuhkan beberapa hal yang seperti yang saya sebutkan diatas. Anda membutuhkan komputer, waktu luang serta website.

Jadi, jika anda memang serius ingin membuka jasa penulis artikel ini, maka mulailah action. Sediakan komputer dirumah anda, setting waktu minimal 1 jam/hari untuk membaca dan menulis serta segera hubungi penyedia jasa pembuatan website (kalau anda tidak bisa membuat website sendiri).

Untuk pembuatan website, jika anda memang serius ingin membuka usaha anda. Kami akan membantu anda untuk membuat website yang profesional, namun terjangkau. Silahkan kunjungi jasa pembuatan website, Manggale.com

Oke. Itulah sekilas peluang usaha jasa penulisan konten. Peluang usaha penulis artikel ini adalah peluang yang mungkin akan trend beberapa waktu kedepan, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.

Mudah-mudahan tulisan saya kali ini bermanfaat untuk anda dan selanjutnya jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman anda di twitter dan facebook.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *