SEO, Pengunjung dan Penjualan

Sekelumit tentang SEO

Mungkin bagi sebagian anda, istilah SEO bukan lagi istilah yang asing. Sudah sering didengar, dibaca bahkan sudah mulai mempraktekannya secara konsisten untuk mempromosikan website. Namun, mungkin bagi sebagian pembaca istilah SEO masih menjadi istilah yang asing dan bisa jadi baru pertama kali anda dengar.

Karena memang selalu ada yang berstatus pemula, bidang apapun itu, termasuk dalam hal internet marketing, maka pada kesempatan ini, kami dari Tim Jasa SEO Indonesia untuk memaparkan sedikit yang kami ketahui tentang SEO, dampaknya pada pengunjung serta pengaruhnya pada penjulan produk ataupun jasa yang anda tawarkan secara online.

Jika kita sederhanakan, SEO merupakan usaha yang kita lakukan agar website kita sering muncul pada halaman pertama google. Misalkan usaha anda tentang “jasa pembuatan reklame”, maka ketika seseorang atau bisa kita sebut dengan pengguna internet mengetikan kata tersebut di google, maka website anda muncul dihalaman pertama google. Kalau bisa berada di peringkat pertama google.

Lihat juga: Apa itu Keyword

Jika website anda selalu berada dihalaman pertama google untuk banyak “frasa” yang terkait dengan produk dan jasa yang anda tawarkan, maka pengunjung website anda akan ramai dan jika produk dan penawaran anda bagus, maka bukannya tidak mungkin penjualan anda juga meningkat.

Saya kira, sampai disini anda sudah memahami apa yang saya maksud. Saya juga berharap, anda juga menyadari bahwa SEO itu sangat penting dalam pemasaran online. Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan peringkat website dihalaman pertama google (mesin pencari) kalau kita tidak berupaya mendorong website kita untuk berada disana, terutama dengan teknik seo;

Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan pengunjung yang ramai, jika website kita tidak pernah ditemukan oleh para pengguna internet di google. Dan, juga mustahil terjadi penjualan jika website anda tidak pernah ada yang mengunjungi, kecuali anda sendiri

Mari kita lanjutkan!

Jika website anda dipromosikan menggunakan teknik SEO, maka anda akan dibantu oleh robot mesin pencari untuk mendatangkan banyak pungunjung ke website anda, tanpa harus membayar mesin pencari tersebut. Mereka akan bekerja tanpa lelah, siang dan malam untuk mendatangkan pengunjung ke website anda tanpa harus dibayar.

Bagaimana jika website anda sudah ramai pengunjungnya. Selanjutnya mau diapakan? Terserah anda : ) anda bisa menawarkan produk tertentu kepada mereka. Anda juga bisa menawarkan jasa tertentu kepada mereka. Mengelola pengunjung menjadi pembeli, memang dibutuhkan skill yang mumpuni.

Berapa lama mendatang pengunjung dengan SEO

Untuk anda ketahui, teknik mempromosikan website menggunakan metode SEO membutuhkan waktu yang cukup panjang serta kesabaran tinggi. Anda tidak akan mendapatkan pengunjung secara instan. Hari ini anda melakukan SEO dan hari ini pula mendapatkan pengunjung. Tidak. SEO tidak begitu.

SEO membutuhkan waktu yang relatif panjang dibandingkan dengan metode promosi yang lainnya. Sebut saja dengn metode google Adwords. Bahkan, selain waktunya yang lama, SEO juga membutuhkan skill yang bagus dan pengalaman yang banyak terkait dengan SEO.

Sebagian orang mengatakan, metode mempromosikan website menggunakan metode SEO ini disebut dengan metode “Slow but sure” ~ pelan tapi pasti. Pasti jika anda melakukannya dengan benar.

Apakah SEO bisa dikerjakan sendiri

Ya. Betul sekali. Anda bisa mengerjakan SEO sendiri. Itu jika anda memiliki waktu yang cukup, pengetahuan yang mamadai tentang SEO serta pengalaman yang lumayan agar tidak salah teknik. Jika anda tidak mau repot, apalagi jika anda memang tidak memiliki pengetahuan teknis tentang SEO ini, maka saya sangat menyarankan agar anda mendelegasikannya kepada orng lain yang lebih menguasai. Dalam hal ini, Jasa SEO memiliki peran yang sangat penting untuk membantu anda.

Jika anda melakukan SEO dengan  benar, baik anda lakukan sendiri maupun dengan menyewa penyedia Jasa SEO, selanjutnya pekerjaan anda dalam mempromosikan website akan digantikan oleh mesin pencari seperti google. Ia layaknya karyawan yang selalu cuap cuap kepada para pengguna internet agar mengunjungi website ini

“Hai, disini. Ini dia informasi yang anda cari. Klik aja disini.”

Kira kira seperti itulah pekerjaan mesin pencari setiap harinya kepada para pengguna internet. Oh ya, untuk anda ketahui juga, sudah banyak para internet marketing yang membuktikan keampuhan metode yang satu ini.

Lalu, apa itu mesin pencari

Ternyata ada juga yang bertanya seperti itu. Apa itu mesin pencari?

Mesin pencari atau dalam bahasa inggris sering disebut dengn search engine merupakan nama yang ditempelkn kepada tempat yang digunakan pengguna internet untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari itu juga banyak. Misalnya, google, yahoo, bing dan lain sebagainya.

Namun, saat ini. Terutama di Indonesia, mesin pencari yang paling banyak digunakan itu adalah google. Itulah mengapa saya fokus pada google pada tulisan kali ini.

Jika anda sudah berada dihalaman website kami ini, maka hampir dipastikan anda pasti sudah pernah menggunakan google, bahkan mungkin sudah sering.

Sekarang anda sudah tahu apa itu mesin pencari. Alat yang kita gunakan untuk mencari informasi tertentu di Internet. Bisa tentang bisnis, keluarga, keislaman dan lain sebagainya.

Apa hubungan antara SEO, Pengunjung dan Penjualan

Banyak alasan seseorang membuat website. Ada yang sekedar untuk menulis banyak hal yang merek ketahui dan dipublikasikannya melalui website agar banyak orang yang bisa membacanya. Ada juga seseorang membuat website karena ingin memasarkan produk ataupun jasanya secara online.

Khusus pada artikel ini, kita akan fokus pada alasan yang kedua. Membuat website atau melakukan pemasaran online agar bisa memasarkan produk dan jasanya

Pada awal tulisan ini juga sudah kami singgung bawah SEO merupakan salah satu teknik mempromosikan bisnis secara online yang biasanya menggunakan media website. Tujuan akhir dari SEO adalah mendapatkan pengunjung potensial dalam jumlah besar. Pengunjung potensial = pengunjung yang memang berniat untuk membeli produk anda atau jasa anda.

Semakin banyak pengunjung potensial yang berkunjung ke website anda, maka semakin besar peluang terjadi penjualan di website anda.

Apakah, 100 pengunjung potensial = 100 penjualan

Tidak. Jika mendatangkan banyak pengunjung potensial ke website anda adalah pekerjaan SEO, maka mengkonvesikan pengunjung potensial menjadi pembeli adalah pekerjaan yang lain. Artinya, metode SEO tidak serta merta menjamin penjualan anda naik. Jika ada yang mengatakan seperti itu, maka itu adalah bualan kosong saja 🙂

Banyak faktor yang mempengaruhi konversi pengunjung potensial menjadi pembeli, diantaranya adalah produk atau jasa yang anda tawarkan. Apakah memang mereka butuhkan atau tidak. Atau jika tidak mereka butuhkan, bagaimana anda membuat mereka merasa butuh dengan produk dan jasa anda.

Disini dibutuhkan skill yang lainnya.

Kesimpulan

Dari uraian diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa; kita membutuhkan metode SEO agar website kita berada dihalaman pertama mesin pencari. Baik google, yahoo maupun bing. Bagi yang mampu, bisa melakukannya sendiri. Bagi yang belum memiliki kemampuan teknis, maka bisa mendelegasikannya kepada penyedia Jasa SEO. Jika teknik SEO yang anda lakukan berhasil, maka anda juga harus memastikan bahwa produk yang anda tawarkan memiliki konversi yang bagus, ditambah dengan sales letter yang memukau.

Jika semuanya bisa anda lakukan dengan baik, maka akan terbentuk harmoni. Jika terjadi harmonisasi antara website dengan mesin pencari, mesin pencari dengan pengguna internet, pengguna internet dengan produk anda. Itulah saatnya menikmati kerja keras anda.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa ratingnya : )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *